TUGAS 3. MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS "SISWA NAKAL"
1. Baca dan teks "Siswa nakal" hal 67 (buku erlangga).
buat teks Tanggapan Kritisnya
2. Kerjakan aktivitas 8.1 halaman 68.
Teks Tanggapan Kritis "Siswa Nakal"
RESUME :
Mengapa seorang
siswa sebaiknya tidak diberi label nakal? Mungkin inilah pertanyaan yang tepat
dari para pembaca untuk Arif Luqman Nadhirin yang telah menuliskan sebuah teks “Siswa
Nakal”.
Pada paragraf
pertama dalam teks berisikan Argumentasi para guru yang menganggap siswa nakal sebagian besar laki-laki yang dapat menguji
kesabaran guru dan keuletan tingkat tinggi. Ketidak setujuan penulis
apabila siswa diberi label nakal terletak pada paragraf kedua hingga keenam, karena
biasanya siswa yang berperilaku tidak baik karena sedang menghadapi krisis
identitas, kurang mengontrol diri, kekurangan kasih sayang orang tua,
menghadapi masalah dengan kedua orang tuanya, mengalami kekerasan dalam
keluarga, dan salah pergaulan. Pada paragraf terakhir berisi nasihat
tentang apa yang harus dilakukan seorang pendidik ketika melihat siswa
berperilaku tidak baik di sekolah.
DESKRIPSI KELEBIHAN / KEKURANGAN :
Kelebihan pada teks ini terlihat pada
pendapat yang diberikan oleh penulis dengan memberikan alasan mengapa siswa
tidak boleh diberi label nakal dengan bukti-bukti yang logis. Sehingga
dapat memudahkan para pembaca dalam mengartikan hal-hal yang brlum diketahui.
Kekurangan pada teks ini disebabkan pada bahasa penulisan penulis dalam
beberapa kalimat yang kurang sesuai. contohnya terlihat pada kalimat “...dia
akan berulah macam-macam...”. Lebih baik tidak ditambah dengan
kata “macam-macam”.
JUDGEMENT :
Meskipun
demikian, teks tulisan ini bermanfaat bagi pembaca terutama sebagai seorang guru atau pendidik. Agar
tidak lagi memberi label negatif kepada siswa.
Aktivitas 8
1. Carilah ide-ide pokok teks tersebut
2. Pernyataan-pernyataan apa yang kamu setujui dalam tulisan tersebut? Berikan alasannya. Pernyataan-pernyataan yang kamu setujui dapat kamu masukkan dalam kelebihan tulisan tersebut.
3. Pernyataan-pernyataan apa yang kamu tidak setujui? Berikan alasannya. Pernyataan-pernyataan yang kamu tidak setujui dapat kamu masukkan dalam kekurangan tulisan tersebut Setelah ketiga hal itu kamu selesaikan, tugas selanjutnya adalah:
a. Membuat resume
b. Menyebutkan kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan artikel tersebut, dan
c. Menentukan kualitas secara umum tulisan tersebut
1. Ide Pokok pada Teks
Paragraf 2 : Tidak setuju apabila siswa tersebut diberi label nakal.
2. Pernyataan setuju
Setuju, karena penulis memberikan alasan mengapa seorang siswa tidak boleh diberi label nakal dan bukti-bukti yang logis. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui hal-hal yang tidak diketahui.
Pernyataan tidak setuju
Bahasa yang digunakan oleh penulis tidak sesuai, contohnya terlihat pada kalimat “...dia akan berulah macam-macam...”. Lebih baik jika diberikan kata “buruk”, “tidak baik”, atau tidak ditambah dengan kata “macam-macam”. Karena pemakaian kata yang tidak sesuai tersebut, membuat suatu kalimat menjadi kalimat yang menarik.
3. Kualitas Teks secara umum
Secara umum Teks "siswa nakal" Bermanfaat bagi para pembacanya. Dan juga menyadarkan para penndidik agar dapat menghentikan pemberian label nakal pada para siswa.
17 Oktober 2016 pukul 23.27
saya sangat setuju dengan pendapatmu