TUGAS 3. MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS "SISWA NAKAL"

1. Baca dan teks "Siswa nakal" hal 67 (buku erlangga).
    buat teks Tanggapan Kritisnya
2. Kerjakan aktivitas 8.1 halaman 68.

Teks Tanggapan Kritis "Siswa Nakal"

RESUME :

   Mengapa seorang siswa sebaiknya tidak diberi label nakal? Mungkin inilah pertanyaan yang tepat dari para pembaca untuk Arif Luqman Nadhirin yang telah menuliskan sebuah teks “Siswa Nakal”.


   Pada paragraf pertama dalam teks berisikan Argumentasi para guru yang menganggap siswa nakal sebagian besar laki-laki yang dapat menguji kesabaran guru dan keuletan tingkat tinggi. Ketidak setujuan penulis apabila siswa diberi label nakal terletak pada paragraf kedua hingga keenam, karena biasanya siswa yang berperilaku tidak baik karena sedang menghadapi krisis identitas, kurang mengontrol diri, kekurangan kasih sayang orang tua, menghadapi masalah dengan kedua orang tuanya, mengalami kekerasan dalam keluarga, dan salah pergaulan. Pada paragraf terakhir berisi nasihat tentang apa yang harus dilakukan seorang pendidik ketika melihat siswa berperilaku tidak baik di sekolah.

DESKRIPSI KELEBIHAN / KEKURANGAN :

   Kelebihan pada teks ini terlihat pada pendapat yang diberikan oleh penulis dengan memberikan alasan mengapa siswa tidak boleh diberi label nakal dengan bukti-bukti yang logis. Sehingga dapat memudahkan para pembaca dalam mengartikan hal-hal yang brlum diketahui. Kekurangan pada teks ini disebabkan pada bahasa penulisan penulis dalam beberapa kalimat yang kurang sesuai. contohnya terlihat pada kalimat “...dia akan berulah macam-macam...”. Lebih baik tidak ditambah dengan kata “macam-macam”.

JUDGEMENT :

  Meskipun demikian, teks tulisan ini bermanfaat bagi pembaca terutama sebagai seorang guru atau pendidik. Agar tidak lagi memberi label negatif kepada siswa.

Aktivitas 8
1.  Carilah ide-ide pokok teks tersebut
      2. Pernyataan-pernyataan apa yang kamu setujui dalam tulisan tersebut? Berikan alasannya.                   Pernyataan-pernyataan yang kamu setujui dapat kamu masukkan dalam kelebihan tulisan tersebut.
      3. Pernyataan-pernyataan apa yang kamu tidak setujui? Berikan alasannya. Pernyataan-pernyataan         yang kamu tidak setujui dapat kamu masukkan dalam kekurangan tulisan tersebut Setelah ketiga         hal  itu kamu selesaikan, tugas selanjutnya adalah:
       a.  Membuat resume
       b.  Menyebutkan kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan artikel tersebut, dan
       c.  Menentukan  kualitas secara umum tulisan tersebut

    1. Ide Pokok pada Teks
    
paragraf 1 : 1. Siswa nakal di sekolah biasanya sebagian besar laki-laki.
                   
Paragraf 2 : Tidak setuju apabila siswa tersebut diberi label nakal.

Paragraf 3 : Siswa yang berperilaku tidak baik biasanya karena sedang mengahadapi krisis identitas, tidak dapat mengontrol diri dan kekurangan kasih sayang orang tua.

Paragraf 4 : Siswa yang sedang mengalami masalah dalam keluarganya akan tertekan, dan juga dapat nakal karena merasa ingin bebas. 

Paragraf 5 : Siswa mengalami kekerasan dalam keluarga akan menunjukkan sikap memberontak kepada siapapun. 

Paragraf 6 : Siswa salah bergaul akan berperilaku menyimpang.

Paragraf 7 : Saat mengetahui latar belakang masalah siswa, sebagai pendidik sebaiknya menghentikan memberikan label negatif.

    2. Pernyataan setuju
        Setuju,  karena penulis memberikan alasan mengapa seorang siswa tidak boleh diberi label nakal dan bukti-bukti yang logis. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui hal-hal yang tidak diketahui.
        Pernyataan tidak setuju
        Bahasa yang digunakan oleh penulis tidak sesuai, contohnya terlihat pada kalimat “...dia akan berulah macam-macam...”. Lebih baik jika diberikan kata “buruk”, “tidak baik”, atau tidak ditambah dengan kata “macam-macam”. Karena pemakaian kata yang tidak sesuai tersebut, membuat suatu kalimat menjadi kalimat yang menarik.

    3. Kualitas Teks secara umum
        Secara umum Teks "siswa nakal" Bermanfaat bagi para pembacanya. Dan juga menyadarkan para penndidik agar dapat menghentikan pemberian label nakal pada para siswa.
    


date Minggu, 25 Oktober 2015

1 komentar to “Menyusun Teks Tanggapan Kritis "Siswa Nakal"”

  1. diranisaq12blogspot.com
    17 Oktober 2016 pukul 23.27

    saya sangat setuju dengan pendapatmu

Leave a Reply: