TUGAS 1  Menangkap Makna
  1. Baca Teks "Remaja dan Game Online" halaman 102 !
  2. Cari deskripsi makna kata sulit halaman 105 di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kemudian buatlah kalimatnya !
  3. Identifikasi struktur teksnya : Resume, Deskripsi kelebihan/Kekurangan, Judgement/Penilaian Keseluruhan. Sertakan  gagasan utama masing-masing struktur ! 
REMAJA DAN GAME ONLINE


RESUME :
          Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan computer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.

 DESKRIPSI KELEBIHAN / KERURANGAN :     
     Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang dapat memengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindak lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
             Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim di game-game yang beredar.
Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bislepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata.Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online   

             Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang 
disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. 
Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
            Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.

           Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli  pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitukorelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
           Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan dimana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.

JUDGEMENT :
           Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.

           Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehatsangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.

GAGASAN UTAMA

1. Resume                                            : Kemajuan teknologi informasi,salah satunya game                                                                                  online,membawa berbagai dampak dan pengaruh
2. Deskripsi kelebihan /kekurangan : Dampak positif dan negatif yang diterima oleh anak jika                                                                         mereka bermain game online
3. Judgement                                     : Solusi yang tepat dalam penggunaan internet secara sehat


DESKRIPSI MAKNA KATA SULIT

1.     Teknologi           = Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan
                                       terapan. Keseluruhan sarana untuk menyediakan Barang-barang yang                                                    diperluk an bagi Kelangsungan dan Kenyamanan hidup manusia.
       Contoh kalimat   = Tina dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi,yaitu                                        komputer

2.     Game Online     = Sebuah permainan yang dimainkan dengan menggunakan jaringan internet     
        Contoh kalimat = Anak-anak zaman sekarang terlalu banyak menghabiskan waktu dengan                                                 bermain game online
  
3.     Dampak             = Pengaruh kuat yang mendatangkan akibat (baik negatif maupun positif).
        Contoh kalimat = Pemanasan global merupakan salah satu dampak dari rumah kaca

4.     Mengusung       = Mengangkut (membawa)                                   
       Contoh kalimat  = Setiap kontingen mengusung 2 atlitnya dalam merebut medali emas cabang                                           renang

5.     Hasrat                = Keinginan (harapan) yang kuat.
       Contoh kalimat  = Ibunya memiliki hasrat untuk menyekolahkan anaknya sampai jenjang yang                                         lebih tinggi

6.     Komprehensif    = Bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik.
       Contoh kalimat  =Kemampuan membaca komprehensif dalam memahami berbagai bacaan-                                             bacaan

7.     Ranah                = Lingkungan yang memungkinkan terjadinya percakapan, merupakan                                                      kombinasi antara partisipan, topik dan tempat.
        Contoh kalimat  = Warga tidak lagi memperbincangkan persoalan agama di ranah publik
                                  
8.     Akademis            = Bersifat Ilmiah ; bersifat ilmu pengetahuan ; bersifat teori , tanpa arti praktis
                                     yang langsung.
        Contoh kalimat  = Pembelajaran di sekolah selalu bersifat akademis

9.     Proporsional      = Sesuai dengan proporsi ; sebanding ; seimbang.
        Contoh kalimat  = Pramugari itu mempunyai tinggi dan berat badan yang proporsional

10.   Kecanduan         = Ketagihan akan sesuatu hingga menjadi ketergantungan.
        Contoh kalimat  =  Tidak peduli seberapa buruk kecanduan yang anda alami terhadap sesuatu ,                                           asalkan anda bisa mengalahkannya dengan kesabaran dan kegigihan



date Senin, 12 Oktober 2015

1 komentar to “Deskripsi Makna Dalam Teks Tanggapan Kritis Remaja dan Game Online”

  1. Unknown
    24 September 2017 pukul 21.17

    terimmmmmmakasih sudah membantu

Leave a Reply: